Juni 28, 2019

73 ANGGOTA BPD DILANTIK, TOMY: JANGAN JADI LAWAN PEMDES

Sebanyak 73 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dari 11 Desa se- Kabupaten Bulukumba dilantik dan diambil sumpahnya oleh Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto di Ruang Pola Kantor Bupati Bulukumba, Senin, 7 Mei 2018. Dari 11 desa tersebut, jumlah anggota BPDnya berbeda sesuai dengan jumlah penduduknya. Terdapat 1 desa memiliki sembilan anggota BPD, 3 desa hanya 5 anggota BPD dan sisanya memiliki 7 anggota BPD.

Sebagaimana Surat Keputusan Bupati tentang penetapan anggota BPD yang dibacakan oleh Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Andi Tenri Uke, anggota BPD yang dilantik berasal dari: Desa Taccorong (9 orang), Desa Lamanda (5 orang), Desa Baruga Riattang (5 orang), Desa Topanda (7 orang), Desa Pangalloang (7 orang), Desa Bontobangun (7 orang), Desa Kahayya (5 orang), Desa Sopa (7 orang), Desa Somba Palio (7 orang), Desa Sipaenre (7 orang), dan Desa Paccarammengan (7 orang).

Tomy Satria Yulianto dalam sambutannya mengatakan, pembentukan BPD tidak bertujuan untuk menjadi lawan dari pemerintah desa, sehingga kesannya selalu berhadap-hadapan dan menjadi musuh.

Padahal BPD itu, tambah Tomy adalah bagian dari pemerintah desa itu sendiri.

“Kalau kepala desa dan BPD tidak harmonis dan tidak bersinergi, pada akhirnya yang dirugikan adalah masyarakat itu sendiri,” ungkap Tomy.

Dulu tidak ada yang ingin jadi anggota BPD atau kades, tapi sekarang ini, lanjut Tomy regulasi sudah memberikan kewenangan yang lebih besar dan dibarengi dengan  keberpihakan anggaran yang lebih besar masuk di desa.

Dengan anggaran yang lebih besar, kehidupan masyarakat desa lebih hidup dan dinamis.

Lebih lanjut Tomy berharap kehadiran anggota BPD menambah energi pemerintah desa, bukan justru mengurangi atau menghambat kinerja pemerintah desa. Anggota BPD tetap harus menjalankan fungsinya, seperti pengawasan, namun mengawasi dengan cara yang baik dan konstitusional.

“Kami harapkan ada keselarasan antara BPD dan kepala desa, sehingga memberikan kemajuan bagi desanya," kata Tomy di hadapan para BPD dan para kades yang hadir.

Pelantikan BPD se Kabupaten Bulukumba dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD, Andi Zulkarnain Pangki dan sejumlah kepala OPD.(A3)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Selamat Datang

Salam sejahtra dan Selamat Datang di website Sistem Informasi Desa Bonto Bangun Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba. Semoga melalui media website Sistem Informasi Desa Bonto Bangun ini, kebutuhan informasi dan layanan komunikasi dapat memenuhi harapan masyarakan dan pihak-pihak yang berkepentingan.
HOME
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram